Tuesday, October 14, 2008

(SOLD) Brand New Zeno UDT Canteen Dive Watch






Arloji Zeno ini merupakan replika/re-edition dari arloji selam yang digunakan oleh pasukan UDT (Underwater Demolition Team) dari US Navy Seals pada era Perang Dunia II dan Perang Korea. Pada masa itu brand seperti Elgin, Hamilton, dan Benrus membuat jam diver sesuai military standard 18W8 yang berlaku. Merk yang kemudian populer dengan canteen dive watch-nya adalah Elgin. Saat ini harga arloji Elgin USN BUSHIP (kependekan dari United State Navy Bureau of Underwater Ships) berkisar USD 2,500.


Zeno kemudian membuat re-edition dari arloji tersebut. Digerakkan oleh ETA manual wind, semua detail baik dial, jarum, ukuran, dsb dibuat sangar persis dengan versi aslinya (tentunya yang beda adalah harganya). Berdiameter 32mm, namun dengan crown bertambah menjadi sekitar 38mm. Crown yang digunakan adalah canteen style. Pada masa itu (1940-1950), teknologi screw down crown hanya dimiliki oleh rolex dengan casing oyster-nya. Untuk memastikan bahwa arloji ini kedap air, makan crown dibuat dengan design menyerupai penutup canteen (tempat air minum yang biasa digunakan oleh tentara). Design ini justru membuat arloji menjadi eye cathing dan selalu mengundang lirikan. Dial bertuliskan ZENO dan USN BUSHIP, sedangkan versi aslinya terdapat tulisan ELGIN USN BUSHIP. Tulisan pada dial dibuat dengan warna hitam sesuai dengan standar arloji militer yang mengutamakan fungsi dan kemudahan untuk melihat jam.



Arloji ini dalam kondisi 100% baru dan dibeli dari US. Masih ada box (sangat sederhana seperti umumnya arloji militer) dan garansi 1 tahun.

Harga/Price : SOLD

No comments:

Post a Comment